Saturday 16 April 2016

Apa Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder


Apa Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder – Bagi anda yang hobi masak terutama bikin kue, cake atau pastry maka barang tentu tidak akan asing dengan yang namanya Baking Soda (Soda Kue) dan Baking Powder. Banyak resep kue yang menyertakan kedua bahan ini atau salah satunya. Permasalahannya adalah banyak yang awam akan baking soda atau baking power. Pertanyaan yang sering timbul adalah, apakah kedua bahan ini sama? Apakah baking soda bisa di subtitusi dengan baking powder atau sebaliknya? Pada intinya, apa sih perbedaan baking soda dan baking powder?
perbedaan baking soda dan baking powder

PERBEDAAN KOMPONEN DASAR BAKING SODA DAN BAKING POWDER

Kedua bahan ini pada dasarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menghasilkan karbon dioksida yang berguna untuk membuat kue mengembang. Perbedaan mendasar adalahBaking soda terbuat dari sodium bicarbonate, sementara baking powder terbuat dari sodium bicarbonate yang dicampur dengan bahan asam dan bahan lainnya.
Ketika sodium bikarbonat bertemu dengan panas, gas karbon dioksida terbentuk. Ini gas ini yang membuat kue atau biskuit mengembang. Ada satu kelemahan dari produksi gas ini. Ketika dipanaskan, sodium bikarbonat juga memproduksi sodium karbonat, yang menghasilkan sedikit rasa pahit, namun rasa ini bisa dinetralkan dengan bahan yang mengandung asam.
Perlu diingat, untuk bereaksi menghasilkan karbon dioksida baking soda perlu dicampur dengan bahan asam, maka, baking soda hanya akan bereaksi jika dicampur dengan bahan seperti seperti telur, cokelat, yoghurt, madu, cuka, lemon dan bahan lainnya.

APAKAH BISA BAKING SODA DAN BAKING POWDER SALING MENGGANTIKAN ?

Jika Anda memiliki resep kue yang membutuhkan baking soda, dan Anda hanya memiliki baking powder, Anda mungkin dapat menggantikan, tetapi Anda akan memerlukan 2 atau 3 kali lebih banyak baking powder untuk jumlah yang sama dari baking soda, dan ini mungkin akan membuat kue anda terasa sedikit pahit jika resep tersebut tanpa disertai bahan-bahan yang mengandung asam.
Jadi intinya, Baking Powder adalah turunan dari Baking Soda. Baking Soda tidak mengandung asam sedangkan baking powder adalah baking soda yang telah dicampur asam. Baking powder sering disebut Soda Kue, ketika bahan di resep tersebut Soda Kue maka artinya anda membutuhkan Baking Soda.
Itulah perbedaan Baking Soda dan Baking Powder, semoga bermanfaat bagi anda yang masih bingung dengan kedua bahan tersebut dalam membaca resep kue dan roti.

No comments:

Post a Comment